Grafik Komputer : Menembus Batas Dunia Nyata
Pernahkah Anda membayangkan bisa menjelajahi dunia secara virtual? Atau melihat organ tubuh Anda sendiri dari dalam? Itulah salah satu kekuatan grafika komputer.
- Pengenalan Tentang Grafik Komputer
Grafika komputer ( Computer graphics ) dikenal dengan istilah visualisasi data merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Grafik komputer dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis gambar, mulai dari gambar 2D sederhana hingga gambar 3D yang kompleks, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Seiring dengan perkembangan teknologi, gambar-gambar yang ditampilkan dan dihasilkan pada komputer menjadi bagian kehidupan sehari-hari misalnya pada televisi, majalah dan koran yang fungsinya untuk menampilkan hasil yang lebih komunikatif dan realistis.
Selain itu juga grafika komputer ditemukan dalam berbagai bidang kedokteran, hiburan, geologi maupun dalam bidang pendidikan untuk pengajaran dan penulisan karya-karya ilmiah. Salah satu aplikasi yang nyata dari grafika komputer adalah untuk visualisasi data dalam bentuk grafis 2D atau 3D dilengkapi dengan animasi. Walaupun bentuk grafis 3D lebih realistis, namun bentuk 2D masih banyak dipergunakan sampai saat ini.
Grafika komputer muncul sebagai bagian ilmu komputer yang mempelajari metode-metode sintesa dan manipulasi konten visual secara digital. Visualisasi sains dan informasi menjadi fokus penelitian terutama yang berkaitan dengan fenomena-fenomena 3D dalam bidang meterorologi, arsitektur, kedokteran, biologi dan sebagainya.
- Sejarah dan Perkembangan Grafik Komputer
Sejarah Grafika Komputer itu sendiri dimulai sejak zaman dahulu yaitu sejak jaman ketika banga Mesir, Roma, dan Yunani berkomunikasi dengan grafik. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang
Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik. Seperti Leonardo da Vinci yang sudah menghasilkan lukisan dengan objek 3D dengan pandangan isometrik. Perkembangan Grafika Komputer dapat dibagi menjadi empat fase, sebagai berikut :
Fase Pertama, tahun 50an
Pada fase ini adalah era grafika komputer yang bersifat interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal. Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat. Komputer grafik interaktif mulai diteliti oleh general motor pada tahun 1959.
Fase Kedua, tahun 60an
Pada fase ini adalah zaman penelitian grafika komputer interaktif. Saat ini grafika interaktif moderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Ivan Stherland juga menggambarkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
Fase Ketiga, tahun 70an
Pasa fase ini adalah saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
Fase keempat, tahun 80an
Pada fase ini grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.
- Penerapan Grafik Komputer Dalam Berbagai Bidang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar